Senin, 06 Januari 2014

DIKLAT DOKTER KECIL


PELATIHAN DOKTER KECIL ANGKATAN 4







Sekolah Dasar Santa Maria Pekanbaru bekerjasama dengan Rumah Sakit St. Maria Pekanbaru mengadakan Pelatihan Dokter Kecil di Auditorium Lt. 6 RS St. Maria. Pelatihan yang diikuti oleh 135 okter-dokter kecil dari SD St. Maria ini diadakan selama dua hari, yaitu pada 31 Oktober 2013 – 1 November 2013. Pelatihan ini bertujuan untuk menanamkan Pola Hidup Bersih dan Sehat sedini mungkin dan juga agar peserta pelatihan dapat menjadi dokter kecil yang akan meneruskan dan menyampaikan apa yang mereka dapat dari pelatihan ini kepada teman-teman sekolahnya dan lingkungan tempat tinggalnya. Melalui pelatihan ini, dokter kecil diharapkan dapat berperan lebih aktif dan trampil dalam membantu pelaksanaan UKS di sekolah.
Di hari pertama, Tim Kesehatan dari pihak rumah sakit membekali peserta pelatihan dengan materi UKS, Imunisasi, Jenis-jenis penyakit, PHBS dan cara memberikan Pendidikan Kesehatan. Mereka juga diberikan pelatihan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Adapun pada hari kedua, mereka mendapatkan materi  tentang Gizi, Pengobatan Luka dan pembidaian, Kesehatan gigi dan mulut, Tinggi badan dan berat badan serta P3K. Selain itu, peserta juga diberi kesempatan untuk melakukan praktek Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) diantaranya penanganan pada kasus luka lecet dan patah. 
Peserta pelatihan tampak antusias dalam mengikuti serangkaian acara dari awal sampai akhir karena diselingi  dengan ice breaking dan kuis dari dokter dan perawat. Di akhir acara, Tim Kesehatan dengan dibantu oleh guru pendamping memilih dua peserta terbaik, yang dinilai telah mengikuti pelatihan dengan serius, mereka adalah  Brian Lawrence kelas III B  dan Arvian Adri kelas IV D. Selamat ya. Semoga semua dokter kecil dapat menjalankan tugas dengan baik dan tetap bersemangat. J
                                                                                               
By: Ida Martogi, S.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar