Jumat, 30 Agustus 2013

Berita Retret Guru ke Bukit Naang Bangkinang

Yayasan Prayoga Riau(YPR) mengadakan retret bagi seluruh  guru di jajaran YPR. Retret tersebut bertujuan untuk pembinaan dan pengembangan diri para pendidik  Yayasan Prayoga Riau. Retret dilaksanakan beberapa gelombang.
Pada tanggal 12 – 14 Agustus 2013  giliran Koordinatorat Pekanbaru , yaitu SD Santa Maria, SD Santa Maria II, dan TK Santa Maria. Kegiatan retret  tersebut diadakan di Bukit Naang Bangkinang Kabupaten Kampar.  Semua peserta menginap di Bukit naang. Bapak – bapak tidur di tenda, sedangkan ibu – ibu di barak. Namun hal itu tidak mengurangi semangat mengikuti rekoleksi.
                Selama retret dilaksanakan  Misa Kudus setiap hari yang dipimpin  oleh  Pastor DR. Alex I. Swandi, Pr, sekaligus sebagai nara sumber dalam retret ini.  Pastor Alex dalam  khotbahnya menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan pendidikan banyak tantangan yang dihadapi. Kadang kala tantangan tersebut menjadi batu sandungan. Guru  harus mampu untuk mengatasi batu sandungan tersebut. Guru sebagai pendidik berarti harus mampu membuat manusia bertumbuh kemampuan kognitif (ilmu pengetahuan), kemampuan afektif (sikap,perasaan), dan kemampuan psikomotor (perbuatan, kinerja). Untuk itulah YPR mengadakan kegiatan retret ini. Dalam kegiatan ini guru merefleksikan sejauh


mana  tugas dan fungsi yang sudah dilakoninya, dan sekaligus membangun niat-niat sebagai pembaharuan demi peningkatan pelayanan terhadap siswa.
        Kegiatan retret diisi dengan   ceramah, dan sharing pengalaman antarguru. Sesi ceramah dengan narasumber Pastor Alex I. Swandi, PR. Pada saat sharing  pengalaman, guru-guru benar –benar terbuka merefleksikan pengalaman selama menjadi guru di Yayasan Prayoga Riau, dan motivasi menjadi guru. Oleh Pastor Alex I.Swandi,PR memberikan peneguhan bahwa dalam melaksanakan pendidikan di YPR   tugas menjadi guru bukan sekedar tugas sebagai profesi melainkan menyadari tugas sebagai panggilan dari Tuhan. Guru-guru YPR dipanggil untuk menjadi pewarta kabar gembira dan kebenaran. Demikian ungkap Pastor Alex.
        Semoga guru - guru yang mengikuti retret ini akan semakin menyadari tugas panggilannya dan  semakin bersemangat dalam berkarya.  Sepulang dari retret dari Bukit Naang semua bergembira dan mudah – mudahan untuk seterusnya demikian. Amin. (G. M. Ambarita)             

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar