Senin, 19 Agustus 2013

PERTEMUAN DENGAN ORANGTUA MURID KELAS I - V


          Guru dan orang tua memiliki peranan yang tidak terpisahkan untuk mendidik anak-anak. Kerjasama antara orang tua dan guru akan sangat membantu dalam perkembangan peserta didik dalam mengembangkan potensi masing-masing. Oleh karena itu penting sekali sekolah menyelenggarakan pertemuan bersama orang tua peserta didik di awal tahun ajaran. Atas hal ini, pada hari kamis 31 Juli 2013 dan Jumat 1 Agustus 2013, SD Santa Maria melaksanakan pertemuan antara guru dengan orang tua peserta didik di Aula sekolah. Acara ini dimulai pukul 15.30 dengan doa pembukaan yang dilanjutkan dengan perkenalan guru-guru kepada orang tua. Dalam acara ini, Kepala Sekolah Ibu Dorhot Meike Hutapea, S.Pd mengucapkan  terima kasih kepada seluruh orang tua peserta didik atas kepercayaan orang tua untuk menitipkan putra/putri mereka dididik di SD Santa Maria.
 Selain daripada itu, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui orang tua. Salah satu diantaranya adalah tentang kurikulum 2013, dimana SD Santa Maria merupakan salah satu dari beberapa sekolah yang ditunjuk pemerintah sebagai sasaran implementasi kurikulum 2013. Adapun elemen perubahan pada kurikulum 2013 adalah Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Proses, Standar Isi dan Standar Penilaian. Orang tua yang sesungguhnya berperan utama dalam pendidikan anak diharapkan dapat memberikan pendampingan yang maksimal terhadap anak dalam belajar di rumah. Dalam pertemuan ini, pihak sekolah juga memaparkan kegiatan-kegiatan sekolah yaitu : kegiatan pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas, kegiatan kerohanian dan kegiatan ekstra kokurikuler di SD Santa Maria. Demikian juga dengan prestasi-prestasi yang telah diraih sekolah selama satu tahun ajaran yang lalu dimana SD Santa Maria telah menjadi juara I lomba olimpiade sain dan juga telah mewakili Indonesia lomba matematika tingkat Internasional yang diadakan di beberapa negara. Selain itu SD Santa Maria juga memenangkan lomba-lomba yang lain seperti: lomba syair, lomba mendongeng, lomba Spelling Bee dan Scramble Words. Ini semua tercapai berkat dukungan dan kerjasama orang tua dan guru.
Di tengah-tengah acara ini, Bapak dan Ibu guru juga berkesempatan untuk menyampaikan harapan-harapan kepada orang tua. Beberapa diantaranya : orang tua agar senantiasa mendampingi anak dalam belajar di rumah sehingga tugas yang disampaikan oleh guru dapat dikerjakan dengan bantuan pengawasan orang tua, membantu anak untuk bisa mandiri, dan apabila terjadi permasalahan antar anak misalnya pertengkaran, orang tua diharapkan dapat bersikap positif sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan baik.
Orang tua peserta didik yang hadir terlihat sangat antusias dan bersemangat. Mereka juga menyampaikan masukan, saran dan harapan kepada pihak sekolah. Mereka sangat optimis bahwa putra/putri mereka disekolahkan di sekolah yang tepat. Walaupun kurikulum 2013 terkesan baru, perkembangan dan prestasi putra/putri mereka baik akademik maupun non akademik akan maju melalui teladan dan kerjasama diantara pihak sekolah dengan orang tua guna mencapai tujuan pendidikan.
Semoga orangtua dan guru dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi horizontal setiap saat sehingga dengan lancarnya komunikasi bisa mendukung perkembangan dan kemajuan  prestasi peserta didik. (Sahariston Butarbutar)

      




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar